Rabu, 08 November 2017

Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Wifi Android

Konfigurasi Menghubungkan Mikrotik Ke Wifi Android (Hotspot)

Hasil gambar untuk mikrotik
Assalamualaikum wr wb, 
Alhamdulillah saya dapat kembali melakukan rutinitas saya yaitu ngeblog, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu sedikit tentang materi cara menghubungkan mikrotik ke wifi android atau yang sering kita sebut hotspot, Gimana sih cara konfigurasinya? simak dan perhatikan baik baik yaa
Apa aja sih yang perlu kita siapkan di materi kali ini?? 
Oke kita siapkan satu buah router board mikrotik dan konektornya, siapkan handphone untuk menghubungkan wifi(hotspotnya). Jika sudah semua kita siapkan lanjut ke cara konfigurasinya yaaa!
Hidupkan/aktifkan Wifi.
1. Pertama langkah yang harus dilakukan yaitu menghidupkan wifi pada hp anda, lalu setting wifi androidnya terlebih dahulu, seperti nama SSID , keamanan dan Passwordnya. SSID nya saya setting"Ervan Fatha" security type nya saya gunakan WPA PSK dan saya beri password "ervanfatha". 
2. Jika sudah, kita aktifkan wifi hotspotnya 
Connect ke Wifi 
3. Setelah wifi androidnya sudah aktif, sekarang kita lanjut ke konfigurasi mikrotiknya agar dapat terhubung ke wifi tersebut. disini kita cek interface wlan pada mikrotik nya sudah aktif atau belum 
maka kita harus aktifkan terlebih dahulu 


4. lalu aktifkan interface wlan 1 seprti dibawah ini, jika sudah cek dengan interface print , sudah enable





5. lalu kita buat security profile terlebih dahulu, untuk sebagai keamanan seperti apa yang digunakan pada suatu wifi , kita konfigurasi security, keamanan atau sandi yang digunakan pada wifi tersebut disecurity profile menggunakan perintah dibawah ini
6. kemudian kita konfigurasi interface wlan1 nya. untuk modenya set menjadi station, mode ini digunakan sebagai wireles client pada topologi PTP (point to point) nah jadi wireless ini sebagai client, karena tadi saya menyetting nama wireless nya itu wifiervan maka disini disamakan juga. 



7. kemudian edit SSID nya 





8. karena pada hotspot android saya beri SSID nya dengan nama Ervan Fatha, maka disini harus disamakan juga. jika sudah setting tekan ctrl 0 exit dan save



9. kemudian coba lakukan pengecekan interface wireless yang sudah dikonfigurasi tadi dengan perintah dibawah ini.





10. Lalu sekarang cek android nya, apakah sudah ada device yang terhubung ke wifi androidnya. dan dibawah ini mikrotik sudah terhubung ke wifi terdeteksi sebagai MAC address. 



11. kemudian kita cek mac address router mikrotiknya untuk memastikan apakah sudah benar router yang terhubung. 




12. kemudian kita cek apakah router mikrotik sudah menerima ip address dari wifi android
dengan perintah dibawah ini.




13. karena disini saya tidak tahu IP yang dapat dari android itu berapa nah disini untuk mempermudah saya setting ip dhcp 
tambahkan ip dhcp-client ke interface wlan1 kemudian add default routernya. jika sudah cek status ip dhcpnya


 

14. nah setelh tadi kita setting dhcp status dhcp-client nya masih disable atau tidak aktif, maka aktifkan terlebih dahulu , jika sudah sekarang cek status dhcp clientnya 

 

15. setelah sudah aktif atau enable , sekarang kita cek apakah sudah dapat ip dhcpnya atau belum
lalu cek  ip address print



16. untuk melakukan pengecekkan, sekarang kita coba ping google 





alhamdulillah routernya sudah terhubung ke wifi android dan terkoneksi ke jaringan internet
oke, cukup sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar